DRAG BIKE; KTM250SX PECETAK 6.940 DETIK, SEDANG SETTING KAKI-KAKI




GBM – KTM 250 SX yang dipermak jadi motor drag bike dan mencetak 6.940 detik di Sentul, 14 Oktober 2012, aslinya untuk motocross MX1 class. Di garuk tanah saat ini, mesinnya telah dikonversi jadi 450 cc, karena menggunakan mesin 4-tak. Boleh dibayangkan, untuk mensejajarkan dengan 2-tak, mesin 4-tak kudu naik 200 cc. Bukan sekadar mesin, tapi spesial engine yang squis,dome pada kepala slinder dan porting-portingnya bloknya sudah racing punya. 
Sayang pabrikan special engine (SE) jarang mencantumkan tenaga atau dk produksi mereka. Portal ini telah  mengembara di internet tidak mendapati horse power yang sebenarnya. Yang didapat malah kuda-kuda binal yang sedang telanjang, namanya juga internet bro, penampakan ada di mana-mana.
Ya udah! KTM 250SX milik Abirawa DMC Feat Key’s Speed ini, adalah buatan 2007.  “Kami hanya mengambil mesinnya. Sasis pakai Kawasaki Ninja bersama suspensi,”  jelas Randy Abirawayang mengirim foto KTM250SX yang sedang disetting kaki-kakinya lewat BBM, 20 Junuari 2013.
Abirawa memang seharusnya ganti sasis. Sebab rangka asli garuk tanah termasuk berat. Sasisnya besar-besar, ditambah lengan ayun dan sokbreker depan yang gambot-gambot. Namun usai mencetak waktu tercepat, sasis Ninja kelabakan terima power-nya dan  akhirnya sasis retak. “Sedang diatur kaki-kakinya, agar tenaga dari roda tidak menyerang main frame,” tambah Randy.
Dalam keadaan standar keluaran ‘07, kompresi mesinnya telah bermain 13:1. Tetapi harap diingat motor Eropa, walau 2-tak cara hitung kompresinya tetap dari TMA. Sementara, untuk hitungan Indonesia dari bibir lubang buang. Ya kalau dibagi dua akan menyentuh 6 koma sekian pemampatan kompresinya. Mesin sesuai pengakuan Abirawa masih aslinya alias tidak korak-korek.
Maklum, porting-portingnya sudah maskimal dari sonon. Toh, walau porting tinggi-tinggi,  tipe SE tetap langsam ala mesin standar. Makanya, “Momentum rpm-nya bisa disesuaikan. Saat start juga tidak perlu tinggi-tinggi amat putaran mesin,” jelas Eko Chodox, joki  yang mencetak 6.940 detik di Sentul itu. Nah Tahun ini, motor itu jadi pegangan Chodox. Karena dia 2013 dikontrak resmi Abirawa. Chodox pun beralasan ke Abirawa, ingin melampui catatan tersebut. Mantap, coy...        
Suplai 'standar' bahan bakar KTM250SX 2007 ini, pakai Keihin PWK 36 mm. Karena kenalpot disesuaikan dengan rangka dan versi aspal, diameter ini dianggap kurang. Makanya, direamersampai 40 mm. Mesin 250SX juga generasi awal di garuk tanah yang menggunakan pengapian digital. Merek pengapiannya Kokusan yang sampai sekarang digunakan Abirawa. Sekadar catatan, sebenarnya optional blok silinder dan head-nya dijual empat tingkat. Pertama yang universal alias bawaan motor, versi trek pendek, medium dan panjang. 
Sebenarnya lagi produksi KTM250SX pernah berhenti. Tetapi belakang di Eropa, kelas MX1 dengan mesin 2-tak mulai digemari. Semua pabrikan kembali mengeluarkan versi 2-tak. Alasannya, perawatan 2-tak lebih murah dari pada 4-tak. Namun, kelas ini tidak dicampur dan belum diakui FIM. Kalau mau ikut kejuaraan dunia, harus diucampur dengan 4-tak. You tahu sendirilah, walau mesinnya garang, di motocross kalah dengan 4-tak. Kalahnya, karena crossernya 'lidahnya jadi dasi' alias ampun-ampunan fisik menghendling tenagananya, justru.
Dengar-dengar nih, KTM ini akan mendapat tantangan dari Yamaha SE YZ250 milik MC Racing. Walah, rame nih catatan waktu di bawah 7 detik pada 2013. Adit

Sumber : Maniakmotor.com

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More