Seringkali muncul pertanyaan, gimana sih mas
cara mudah bikin motor lebih kenceng…? Pertanyaan sederhana, tapi
jawabnya bingung mau mulai darimana, kalok dijawab diiket tampar trus
dicantolin ke kereta sih anak kecil juga tau jawabnya hehe,,, Jadi riset
selama ini menunjukkan ada beberapa cara hemat, mudah, ringkas untuk
dilakukan untuk memperbaiki kinerja mesin, bahkan meningkatkan tenagan.
Bisa dengan cara sebagai berikut :
2. Meningkatkan Rasio –
Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti memproduksi tenaga lebih,
sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan campuran udara/bahan bakar ,
semakin cepat campuran ini menyembur menjadi api secara spontan, namun
tentunya harus diimbangi dengan oktan bahan bakar yang pas untuk
mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa mesin
motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah
umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka
memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas
caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder
head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang
bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok
yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya emberrrr
Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.
3. Mudahkan udara mengalir masuk
– Ketika piston meluncur mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan
udara dapat merampok pundi-pundi tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa
dikurangi dengan modifikasi serius, karena kesalahan bisa berakibat
fatal, melakukan modifikasi pada saluran pemasukan silinder atau
seringkali disebut Porting, selain memperbesar volumenya, pun harus
memperhatikan geometri porting agar lebih terarah dan aliran udara
menjadi lembut. Teknik lain yang mampu mengurangi hambatan secara
drastis adalah konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep
masuk dalam sebuah silinder.
Dan intake manifold yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu
sangat bagus melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke
porting. membuka filter udara adalah cara yang paling mudah.4. Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin. Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha… sama gak sih?! Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho… Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut… Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan tenaga mesinnya.
5. Buat semuanya ringan
– Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap
piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai
ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy
ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini
apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.
Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis.
pen stroker aftermarket
Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis.
1 komentar:
Penyajian Arktikel di blog ini sangat bagus, saya suka..
Semoga Artikel lainnya memberikan informasi yang lebih bermanfaat lagi.
Post a Comment